Home Diskusi Sabtu Sejarah Demi Masa Depan: Belajar dari Kehebatan Indonesia

Sejarah Demi Masa Depan: Belajar dari Kehebatan Indonesia

288
0

Salah satu manfaat pembelajaran sejarah adalah menumbuhkan dan membentuk kesadaran identitas seseorang akan takdir kelahirannya, capaian para pendahulunya, dan warisan yang didapatkannya dari para pendahulu itu. Rasa cinta tanah air senantiasa terjaga, lewat pelestarian budaya, kerja nyata untuk sumbangsih memperbaiki keadaan negeri, dan pengembangan mutu manusia di tengah perbandingan kemajuan atau kemunduran bangsa lain.

Pengajaran sejarah yang populer diperlukan bagi kalangan yang belum terlalu minat menggeluti buku-buku sejarah tebal berisi catatan dan analisis peristiwa di masa lampau, atau melakukan penelitian langsung ke data sejarah yang tersedia dan siap bercerita kepada kita. Salah satu tema yang amat menarik untuk memulai kesadaran pentingnya sejarah, di antaranya, adalah kajian tentang tentang kejayaan di masa lampau dan manfaatnya yang dirasakan segera bagi kehidupan kita sekarang. Dalam lembaran sejarah Indonesia, kejayaan itu tersaji alangkah banyak, sehingga kita tak kesulitan untuk mereguk manfaat dari sana.

Dalam INSISTS Saturday Forum (ISF) pekan ini, kami mengundang Agung Pribadi, S.S., untuk membahas tema di atas. Agung Pribadi menyelesaikan pendidikan sarjana ilmu sejarah di Universitas Indonesia, menulis esai dan buku sejarah populer, dan kini menjadi penyunting di beberapa penerbit. Para peminat kajian sejarah, pengajar sejarah, sejarawan, aktivis, dan yang lain diundang untuk datang.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
Hadirilah INSISTS Saturday Forum (ISF):

Tema: “Sejarah Demi Masa Depan: Belajar dari Kehebatan Indonesia”

Pembicara: Agung Pribadi, S.S. (Penulis dan Editor Buku RDM House)

Sabtu, 5 Mei 2018
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply