Home Diskusi Sabtu Tarhib Ramadhan INSISTS 1439 Hijriyah: Konsep Pendidikan dalam Syair-syair Imam Syafi’i

Tarhib Ramadhan INSISTS 1439 Hijriyah: Konsep Pendidikan dalam Syair-syair Imam Syafi’i

337
0

Abu ʿAbdullah Muhammad ibn Idris al-Syafi’i, atau Imam Syafi’i (767-820), adalah seorang imam mazhab besar. Namanya tinggi dan harum di seantero dunia Islam, hingga saat ini, bahkan hingga akhir zaman nanti. Sumbangan keilmuannya menjangkau pelbagai bidang keilmuan; yang terbesar, tentu saja, Ar-Risalah. Kitab tersebut mengandung asas-asas utama yang memandu seorang muslim untuk memahami Al-Qur’an dan AS-Sunnah dengan benar, terutama dalam usaha memperoleh kepastian hukum.

Beliau juga mendalami ilmu dan menghasilkan karya sastra. Seperti tradisi sastra Islam lain, Sang Imam menyampaikan ajaran-ajaran Islam di dalam syair-syairnya. Ajaran kebenaran yang disampaikan dengan bahasa seindah-indahnya dan bermakna sedalam-dalamnya tentu akan sangat kuat menyentuh relung batin kita. Salah satu ajaran yang termuat di dalam syair-syair beliau adalah ajaran tentang pendidikan, sesuatu yang senantiasa penting bagi pembangunan manusia bermutu, terutama umat Islam.

Khusus Sabtu pekan ini, INSISTS Saturday Forum (ISF) berganti nama menjadi Tarhib Ramadhan INSISTS. Kita akan membekali diri untuk menyongsong bulan suci ini dengan mempelajari konsep pendidikan di dalam syair-syair karya Mujtahid Mutlak bersuku Quraisy ini. Kami mengundang Dr. Muhammad Ardiansyah Ian Kusnadi untuk menyampaikan materi ini, yang sangat penting untuk diikuti semua umat Islam dari beragam latar belakang.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
Hadirilah Tarhib Ramadhan INSISTS:

Tema: “Konsep Pendidikan dalam Syair-syair Imam Syafi’i”

Pembicara: Dr. Muhammad Ardiansyah (Pengasuh Pondok Pesantren Shoul Lin al-Islamiy, Depok)

Sabtu, 12 Mei 2018
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply