Home Berita Majelis Malam Rabu Spesial Peluncuran dan Diskusi Buku

Majelis Malam Rabu Spesial Peluncuran dan Diskusi Buku

129
0
Jalan utama untuk memperbaiki keadaan suatu bangsa adalah dengan memperbaiki mutu pendidikannya. Meski keadaan politik carut-marut, ekonomi lesu dan senjang, tingkat keamanan sedang merendah, atau keadaan mengkhawatirkan lain terjadi pada suatu bangsa, tetapi pendidikan tetap harus berjalan dengan apapun bentuk ikhtiar atasnya. Tanpa manusia terdidik dan terampil yang turut mengatasi persoalan, keterpurukan suatu bangsa hanya akan menjadi-jadi.
 
Dalam Islam, pendidikan baru bermakna jika ia berdasarkan pada ilmu yang benar dan tindakan yang benar. Jika berjalan sesuai makna tersebut, pendidikan akan menghasilkan manusia yang setia kepada, sekaligus bertindak sesuai, kebenaran dan keadilan sehingga memberi maslahat bagi diri dan masyarakatnya. Syarat untuk mencapai keadaan itu tentu tak sederhana; diperlukan hati yang ikhlas, pemahaman tentang pandangan hidup Islam, dan budaya ilmu yang hidup.
 
Karena itu, persoalan yang datang silih berganti di tengah umat Islam Indonesia tak boleh membuat kita kehilangan harapan, apalagi meninggalkan ikhtiar mewujudkan manusia dan masyarakat unggul lewat pendidikan. Jika umat Islam Indonesia memiliki akhlak yang baik berdasarkan ilmu yang mendalam, maka persoalan politik, ekonomi, hukum, sosial, bahkan IPTEK akan perlahan-lahan mengalami perbaikan. Pada puncaknya akan terbentuk keadaan penuh adab dan tercapai sebuah peradaban Islam di Indonesia, yang menjadi rahmat bagi semesta alam.
 
Majelis Malam Rabu pekan ini bersifat spesial karena akan membedah kompilasi pemikiran pendidikan Dr. Adian Husaini yang baru saja dibukukan . Kami mengundang semua pengkaji pemikiran dan pendidikan Islam, dari kalangan mahasiswa, pengajar, aktivis, jurnalis, profesional, ibu rumah tangga, dan lainnya, untuk memenuhi Aula Imam Al-Ghazali malam nanti.
 
***
 
as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
Hadirilah Majelis Malam Rabu Spesial Peluncuran dan Diskusi Buku:
 
Tema: “Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045: Kompilasi Pemikiran Pendidikan”
Pembicara: Dr. Adian Husaini
 
Selasa, 17 April 2018
Pkl. 19.00 – 21.00 WIB
 
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan
 
Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply