Home Saturday Forum Bedah Buku “Tafsir Al-Misbah dalam Sorotan: Kritik terhadap Karya Tafsir M. Quraish...

Bedah Buku “Tafsir Al-Misbah dalam Sorotan: Kritik terhadap Karya Tafsir M. Quraish Shihab”

4185
0

Tafsir Al-Misbah karya Prof. Quraish Shihab merupakan salah satu khazanah tafsir kontemporer yang dimiliki umat Islam di Indonesia. Kepekaan beliau terhadap perkembangan zaman dan kondisi keindonesiaan kita menjadikan tafsir ini begitu layak mendapat apresiasi. Bukan hanya merujuk pada kitab-kitab tafsir mu’tabar, Al-Misbah juga banyak menjadikan temuan sains dan kajian isu-isu kontemporer sebagai rujukan.

Tetapi sebagai suatu karya akademis, kitab ini juga terbuka untuk mendapatkan kritikan. Salah satu yang menyampaikan kritik tersebut dengan cara yang juga akademis adalah doktor muda dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Dr. Afrizal Nur. Beliau menulis disertasi tentang tafsir Al-Misbah dan beberapa hal di dalamnya yang menjadi sorotan kritik, seperti soal jilbab, makna hali kitab, dan kecenderungan tasyayyu’. Penerbitan disertasi ini ke dalam sebuah buku memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu tafsir, khususnya di Indonesia.

INSISTS membedah buku ini dengan mendatangkan langsung penulisnya yang merupaakan dosen Ilmu Tafsir di UIN Sultan Syarif Kasyim, dalam bedah buku spesial yang diselenggarakan setelah INSISTS Saturday Forum (INSAF). Para peminat studi Islam, terutama ilmu tafsir, sangat disarankan untuk menghadiri acara ini.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Buku Tafsir Al-Misbah dalam Sorotan dapat dibeli di lokasi.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah Bedah Buku Spesial INSISTS:

Tema: “Tafsir Al-Misbah dalam Sorotan: Kritik terhadap Karya Tafsir M. Quraish Shihab”

Pembicara: Dr. Afrizal Nur, M.A. (Penulis buku; dosen Ilmu Tafsir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim, Pekanbaru)

Sabtu, 16 Februari 2019 / 11 Jumadil Akhir 1440
Pkl. 13.00 – 15.00 WIB (Setelah INSISTS Saturday Forum)

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply