Home Saturday Forum Vaksin dan Vaksinasi: Polemik Kesehatan Masyarakat dari Perspektif Islam

Vaksin dan Vaksinasi: Polemik Kesehatan Masyarakat dari Perspektif Islam

216
0
World Health Organization (WHO) memasukkan penolakan masyarakat terhadap vaksinasi sebagai salah satu tantangan kesehatan terbesar di tahun 2019 ini. Ada banyak alasan munculnya penolakan tersebut, seperti ketidakpuasan terhadap layanan kesehatan masyarakat atau ketakpercayaan pada kandungan vaksin itu sendiri. Di negeri dengan mayoritas muslim terbesar ini, alasan penolakan vaksin bahkan meluas ke status kehalalannya hingga teori konspirasi mengerikan.
Pemahaman kita atas persoalan ini semakin dikacaukan oleh sumber-sumber tak bertanggung jawab yang terkesan menguatkan isu di atas, padahal pencegahan penyakit tertentu harus menjadi ikhitar bersama dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, mengingat daya tahan tubuh manusia tak sama. Sains telah melangkah lebih jauh dari yang kita kira sehingga mampu menemukan banyak penyakit baru beserta pencegahannya. Kita perlu menelaah kembali kajian tentang makna pengobatan dan kedokteran Islam, vaksin (sebagai benda) dan vaksinasi (sebagai perbuatan), serta instinbath hukum para ulama tentang keduanya, serta dampaknya terhadap kesehatan masyarakat sekarang dan masa depan, untuk memperoleh jawaban memuaskan dari isu-isu yang ada.
INSISTS Saturday Forum (INSAF) pekan ini mengundang konsultan Stem Cell and Cancer Institute di, Kalbe Genomics Laboratory, Bapak Ahmad Utomo, Ph.D., untuk memberikan penjelasan ilmiah tentang hal di atas. Ahmad Utomo menempuh pendidikan Ph.D. di The University of Texas Health Science Center at San Antonio (2003) dan menjadi Postdoctoral Fellow di Harvard Medical School selama 5 tahun (2003-20077), sebelum kembali ke Indonesia. Para peminat pemikiran Islam, khususnya terkait tema kesehatan, atau relasi Islam dan sains dalam bentuk praktis, sangat dianjurkan untuk hadir ke INSAF ini.
 
Acara gratis dengan pendaftaran melalui buku tamu di awal acara.
 
***
 
as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
 
Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):
 
Tema: “Vaksin dan Vaksinasi: Polemik Kesehatan Masyarakat dari Perspektif Islam”
 
Pembicara: Ahmad Utomo, Ph.D. (Konsultan Stem Cell and Cancer Institute, Kalgen Lab.)
 
Sabtu, 26 Januari 2019 / 20 Jumadil Awwal 1440
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB
 
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan
 
Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply