Home Saturday Forum “Relasi Tuhan, Alam, dan Manusia Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas”

“Relasi Tuhan, Alam, dan Manusia Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas”

775
1

Syed Muhammad Naquib Al-Attas adalah filsuf muslim besar di masa kini yang menyatakan-kembali (restatement) tradisi pemikiran Islam untuk kebutuhan kaum muslimin di masa sekarang. Perjumpaan umat Islam dengan modernitas Barat selama dua abad terakhir memang menghasilkan persoalan psikologis, sosiologi, dan epistemologis. Hal ini dikarenakan Barat hadir dengan pelbagai penjelasan baru tentang makna-makna utama kehidupan manusia, termasuk makna Tuhan, alam, dan manusia itu sendiri, disertai segenap teori dan metodologinya.

Al-Attas mengembalikan kita pada pemahaman yang benar tentang makna-makna itu semua, dengan suatu penjelasan otentik yang hanya bisa dilakukan setelah memahami makna pemikiran dan peradaban Islam sekaligus Barat. Tradisi metafisika Islam yang banyak dibahas para mutakallim, filsuf, dan sufi, disistematisasi-kembali oleh Al-Attas sebagai pedoman bagi umat Islam untuk memahami pandangan-hidupnya. Hal pertama dan paling utama dari itu adalah pandangan Islam terhadap Wujud, karena dengan memahami Wujud, umat Islam akan memahami kebenaran dan hakikat realitas dengan baik dan terbebas dari kebingungan atau keraguan.

INSISTS Saturday Forum (INSAF) pekan ini menghadirkan staf baru di INSISTS, Mohammad Syam’un Salim, untuk membahas pandangan Al-Attas tentang realitas. Ustadz Syam’un menyelesaikan pendidikan menengah dan tingginya di Gontor, dan tercatat sebagai alumnus Program Magister Aqidah dan Filsafat Islam Universitas Darussalam, Gontor. Peminat kajian filsafat Islam dan pemikiran Islam pada umumnya diundang untuk hadir.

Acara ini gratis dengan pendaftaran melalui buku tamu di awal acara.

___

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):

Tema: “Relasi Tuhan, Alam, dan Manusia Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas”

Pembicara: Mohammad Syam’un Salim​, M.Ud. (Staf INSISTS; Alumnus Magister Aqidah dan Filsafat Islam, Universitas Darussalam)

Sabtu, 6 Juli 2019 / 3 Dzulqa’dah 1440
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

1 COMMENT

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Apakah acara2 dan tulisan2 INSIST dibuat menjadi semacam jurnal atau buku ? Bila ada , bagaimana cara mendapatkan nya ?

Leave a Reply