Home Saturday Forum Ayat-ayat Ilmu dan Alam dalam Al-Qur’an: Kajian Linguistik

Ayat-ayat Ilmu dan Alam dalam Al-Qur’an: Kajian Linguistik

329
0
Jika Al-Qur’an adalah ayat-ayat qauliyah, maka alam semesta adalah ayat-ayat kauniyah. Keduanya merupakan petunjuk bagi manusia yang tak hanya berhenti pada dirinya, tetapi mengantarkan manusia pada Pemilik ayat-ayat tersebut, yakni Allah. Meski demikian, hanya orang-orang beriman yang bisa memahami penunjukan tersebut. Di hadapan orang-orang yang tertutup hatinya (kafir), Al-Qur’an tiada berbeda dari buku lain dan alam semesta hanya suatu kumpulan materi belaka, tanpa Pencipta dan tanpa tujuan.
 
Alam semesta memang tampak samar-samar menampilkan dirinya sebagai ayat. Oleh karena itu, untuk memahaminya, kita perlu berangkat dari Al-Qur’an sebagai ayat qauliyah. Firman-firman Allah yang suci di dalam Al-Qur’an menjelaskan pada kita makna alam semesta dengan benar, dengan bahasa Arab Islam yang memiliki kekuatan menampung makna tersebut secara memadai. Hal inilah yang membuat pendekatan linguistik Arab menjadi salah satu syarat penting di dalam ‘Ulumul Qur’an, termasuk untuk memahami ayat-ayat yang berbicara tentang ilmu dan alam.
 
Setelah libur panjang, INSISTS Saturday Forum (INSAF) dimulai kembali dengan menghadirkan Dosen STIQ ar-Rahman, Dr. Muhammad Yasir. Setelah menempuh pendidikan di Mesir, Ustadz Yasir menyelesaikan pendidikan magister dan doktoral di Institut PTIQ, Jakarta, dan menulis disertasi tentang tadabbur Al-Qur’an. Peminat kajian Al-Qur’an, sains, dan pemikiran Islam pada umumnya diundang untuk hadir.
 
Acara ini gratis dengan pendaftaran melalui buku tamu di awal acara.
 
___
 
as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
 
Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):
 
Tema: “Ayat-ayat Ilmu dan Alam dalam Al-Qur’an: Kajian Linguistik”
 
Pembicara: Dr. Muhammad Yasir (Dosen Ilmu Al-Qur’an, STIQ ar-Rahman)
 
Sabtu, 22 Juni 2019 / 19 Syawal 1440
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB
 
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan
 
Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528
 
__
 
Sumber ilustrasi: template.net

Leave a Reply