Home Saturday Forum Politik dalam Khazanah Kalam

Politik dalam Khazanah Kalam

118
0

Politik Islam sering dinsibahkan pada pembahasan hukum, sehingga kita mengenal dengan baik istilah fiqh siyasah. Di zaman sekarang ketika pemikiran dan ilmu politik berkembang amat pesat, sampai pada praktiknya dalam kehidupan berbangsa dan negara termasuk di negeri ini, para ahli fiqh berupaya memberi jawaban atas persoalan-persoalan baru yang muncul, seperti tentang sistem negara, produk hukum, kebijakan publik, masyarakat sipil, partai politik, dan sebagainya. Jawaban tersebut adalah upaya mereka menjaga pemikiran dan praktik politik umat Islam tetap sesuai dengan makna “siyasah”, sehingga tak terjadi pelanggaran terhadap syariat Islam meski kondisi obyektif dari tatanan politik telah berubah jauh dari zaman ketika kitab-kitab fiqh siyasah dituliskan.

Selain dari tradisi fiqh, pembahasan politik dalam islam sebenarnya juga terdapat dalam khazanah ilmu kalam. Berbeda dari tradisi fiqh yang mengutamakan hal zahir, meski tak tentu saja tak bisa dipisahkan karena semua ilu dalam Islam adalah kesatuan, ulama kalam banyak berbicara tentang hal-hal abstrak yang sering muncul dalam kehidupan politik. Mereka berbicara tentang kepemimpinan, kedaulatan, dan juga keadilan, yang menyangkut hubungan manusia dengan diri dan masyarakat. Semua itu berbeda dari tradisi filsafat politik barat yang spekulatif, melainkan sebagai upaya menjelaskan makna-makna yang disampaikan wahyu secara sistematis dan rasional, seperti ciri ilmu kalam pada umumnya. Dengan menggali khazanah politik dalam pemikiran para ulama kalam, kita akan menemukan pijakan bagi segala kegiatan politik kita hari ini, baik sebagai akademisi, politisi, birokrat, atau warga biasa.

Dalam INSISTS Saturday Forum kali ini, Direktur Eksekutif INSISTS, Dr. Henri Shalahuddin, akan membahas hal-ihwal politik dalam khazanah kalam. Ustadz Henri menulis skripsi dan tesis tentang kalam, dan saat ini sedang mengampu Seri Kuliah Kalam dan Pemikiran Islam di INSISTS, yang diikuti banyak akademisi, mahasiswa, aktivis dakwah, dan kalangan profesional.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):

Tema: “Politik dalam Khazanah Kalam”

Pembicara: Dr. Henri Shalahuddin (Direktur Eksekutif INSISTS)

Sabtu, 15 September 2018
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply