Home Saturday Forum Perubahan Literatur Sirah Nabawiyah di Masa Krisis Andalus (5H – 7H)

Perubahan Literatur Sirah Nabawiyah di Masa Krisis Andalus (5H – 7H)

154
0

Jika mengamati corak penulisan sirah nabawiyah di zaman sekarang, kita akan menemukan beberapa bentuk nuansa penyajikan masing-masing penulisnya. Ada sirah yang bernuansa pergerakan (haraki), sufistik, bahkan rasional. Corak tersebut menunjukkan kecenderungan penulis dan sasaran pembacanya. Sirah dengan nuansa haraki biasanya ditujukan untuk pembaca aktivis gerakan sosial dan partai Islam, sedangkan yang mengutamakan sisi batiniah dan akhlak Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam akan menulis dengan nuansa sufistik dengan tujuan perbaikan individu.

Hal yang cukup menarik adalah penulisan dengan corak rasional, seperti yang dilakukan beberapa muslim modernis atau sarjana non-muslim yang cukup bersimpatik kepada Islam. Mereka hendak menampilkan sosok Manusia Kebenaran ini sebagai pembawa risalah yang sesuai bagi manusia modern. Lantas bagaimana corak penulisan sirah di masa Andalus, ketika peradaban dan pemikiran Islam berjaya di sana, dan memberi banyak sumbangsih bagi kehadiran zaman modern sekarang? Bagaimana pula perubahan corak penulisan yang terjadi saat Andalus mulai mengalami masa-masa krisisnya, sampai akhirnya dikuasai kembali oleh Kerajaan Kristian?

Kita akan mendiskusikan tema di atas dalam INSISTS Saturday Forum (ISF) pekan ini, yang akan disampaikan oleh Peneliti INSISTS, Ustadz Asep Sobari, Lc. Selain merujuk kepada literatur yang tersedia, pendiri Sirah Community Indonesia (SCI) ini juga akan menjadikan pengalamannya mengunjungi (bekas wilayah) Andalus tempo hari. Para peminat sejarah peradaban Islam, sirah nabawiyah, historiografi Islam, dan ilmu sejarah, sangat disarankan untuk hadir, tak lupa juga kepada peminat kajian pemikiran Islam pada umumnya.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah INSISTS Saturdray Forum:

Tema: “Perubahan Literatur Sirah Nabawiyah di Masa Krisis Andalus (5H – 7H)”

Pembicara: Asep Sobari, Lc. (Peneliti INSISTS bidang Sirah, founder Sirah Community Indonesia [SCI])

Sabtu, 21 Juli 2018
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply