Home Uncategorized Otoritas Imam al-Ghazali dalam Ilmu Hadits: Satu Tinjauan yang Adil

Otoritas Imam al-Ghazali dalam Ilmu Hadits: Satu Tinjauan yang Adil

1365
0
Hujjatul Islam Abu Hamid al-Ghazali (w. 1111 M) adalah nama besar dalam bidang pemikiran Islam. Penguasaan atas puncak-puncak pelbagai disiplin keilmuan saat itu terlihat di dalam karya-karyanya, dan pandangan hidup Islam yang kuat pada dirinya menjadikan karya-karya tersebut kian terhubung satu sama lain. Ia berhasil menyatukan kalam dengan filsafat sebagaimana fiqh dengan tasawuf. Hal inilah yang menjadikan kebesaran pemikirannya senantiasa mendapat sambutan intelektual yang baik dari zaman ke zaman, bahkan oleh dunia di luar Islam.
Kendati demikian, beberapa kritik juga diberikan kepadanya. Salah satu yang sering diulang-ulang sampai sekarang adalah soal kemampuan ilmu hadits-nya, yang dibuktikan oleh penemuan beberapa hadits bersanad “bermasalah” di dalam kitab-kitab beliau. Seruan untuk meninggalkan sosok dan pemikirannya kemudian menggema meski masih sayup-sayup. Jika hal tersebut dituruti, umat bisa kehilangan salah satu harta berharganya, yang belum tentu dapat digantikan dengan usaha intelektual orang-orang yang menyerukan hal itu ketika mereka membahas persoalan yang sama.
Kajian atas kedudukan otoritatif Imam al-Ghazali menjadi penting. Dalam INSISTS Saturday Forum (INSAF) pekan ini, Mudir PRISTAC Pondok Pesantren at-Taqwa, Depok, Dr. Muhammad Ardiansyah, M.Pd.I., akan memberikan suatu tinjauan yang adil terhadap otoritas sang imam di bidang ilmu hadits. Para peminat pemikiran Islam, ilmu hadits, dan masyarakat umum –termasuk yang pernah bersinggungan dengan isu ini- disarankan untuk hadir.
Acara ini gratis dan terbuka untuk umum, dengan pendaftaran melalui pengisian buku tamu di awal acara.
***
as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):
Tema: “Otoritas Imam al-Ghazali dalam Ilmu Hadits: Satu Tinjauan yang Adil”
Pembicara: Dr. Muhammad Ardiansyah, M.Pd.I. (Mudir PRISTAC, Pondok Pesantren at-Taqwa)
Sabtu, 9 Maret 2019 / 2 Rajab 1440
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan
Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply