Home Saturday Forum Metodologi Tadabbur al-Qur’an

Metodologi Tadabbur al-Qur’an

2012
0
Saat mesin cetak teks masal pertama kali ditemukan Gutenberg, ada kekhawatiran di kalangan teolog Eropa tentang tersebarnya Kitab Suci ke kalangan awam sehingga otoritas interpretasi menjadi ditinggalkan. Pendapat-pendapat yang berbeda tentang teks yang sama akan muncul, bahkan mungkin menyelisihi versi resmi dari para teolog itu.
 
Dalam khazanah keilmuan Islam, otoritas tafsir Al-Qur’an bukan dipegang oleh pihak-pihak yang memiliki kekuasaan politik atau akses ke kekuasaan, melainkan oleh para ulama. Hal ini memungkinkan terjadinya ijma’ di kalangan ulama karena mereka saling memeriksa sesuai kaidah tafsir dan hasil penafsiran, Pandangan yang menyelisihi hal-hal qath’i dalam Islam dapat segera dikenali dan diluruskan.
 
Meski demikian, bukan berarti usaha penafsiran Al-Qur’an tak lepas dari pengeliruan oleh kalangan awam, terlebih di masa sekarang. Para kreatif di media sosial dengan cepatnya menampilkan komposisi teks, audio, dan video dan menghubungkannya dengan ayat-ayat suci dalam Al-Qur’an untuk pelbagai tema kontemporer, dari sains hingga praktik ekonomi, dari gerakan sosial politik hingga soal pribadi seperti perjodohan. Metodologi yang tepat dalam menadabburi Al-Qur’an menjadi penting dipahami dan dipegang agar kita tak jatuh pada kekeliruan, apalagi menyebarkan kekeliruan itu.
 
Menutup INSISTS Saturday Forum (INSAF) tahun 2018 ini, kami mengangkat tema yang terkesan umum, namun ternyata penting untuk dipahami secara akademis mengingat latar belakang di atas. Kami mengundang Dr. Muhammad Yasir, M.A., yang mengajar ‘Ulumul Qur’an di STIQ Ar-Rahman, Bogor. Ustadz Yasir baru-baru ini memperoleh gelar doktoralnya di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an, Jakarta.
 
***
 
as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
 
Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):
 
Tema: “Metodologi Tadabbur al-Qur’an”
 
Pembicara: Dr. Muhammad Yasir, M.A. (Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an A-Rahman)
 
Sabtu, 15 Desember 2018
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB
 
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan
 
Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply