Home Saturday Forum Konsep Teologi Syi’ah

Konsep Teologi Syi’ah

4751
0

Salah satu aliran teologi (kalam) yang muncul di masa awal peradaban Islam dan tetap memiliki eksistensi hingga sekarang adalah Syi’ah. Dari peristiwa-peristiwa di periode akhir Khulafaur Rasyidin, muncul beberapa orang yang menyatakan keberpihakannya kepada Sayyidina Ali R.A. dan keluarga Nabi. Keberpihakan tersebut lantas berkembang menjadi terpisah dari pemahaman utama umat Islam, terutama ketika mereka membangun pemikiran tentang kalam, tasawuf, bahkan fiqh dan metodologi penelusuran hadis yang khas.

Kajian atas paham teologi Syi’ah menjadi selalu relevan, terlebih ketika ekspresi keyakinannya semakin beragam hari ini, dari mulai pelembagaan diri berbentuk negara modern (Iran), pusat-pusat kajian, gerakan sosial politik, bahkan gerakan kebudayaan. Ragam ekspresi tersebut memunculkan antusiasme sekaligus kecurigaan, yang masing-masing berdampak terhadap penerimaan atau penolakan terhadap ajaran Syi’ah. Di Indonesia, hal itu tentu berlaku juga, bahkan dalam beberapa hal menimbulkan konflik sosial.

INSISTS Saturday Forum (INSAF) pekan ini mengundang Ketua Umum PP Al-Irsyad Al-Islamiyah, Dr. Faisal bin Madi, M.A., untuk membahas konsep teologi Syi’ah secara normatif. Organisasi yang dipimpinnya sejak dahulu bersentuhan dengan banyak kalangan Syi’ah dalam berbagai bentuknya, mengingat mayoritas anggota Al-Irsyad adalah keturunan Arab yang sudah menyatu sebagai bangsa Indonesia, dan sebagian penganut Syi’ah di Indonesia juga memiliki nasab serupa. Kami merekomendasikan peminat pemiiran Islam, sejarah Islam, dan isu-isu di seputar Syi’ah untuk hadir.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum, dengan pendaftaran melalui pengisian buku tamu di awal acara.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):

Tema: “Konsep Teologi Syi’ah”

Pembicara: Dr. Faisal bin Madi, M.A. (Ketua Umum PP Al-Irsyad Al-Islamiyah)

Sabtu, 2 Maret 2019 / 25 Jumadil Akhir 1440
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

***

Sumber ilustrasi: “Battle of Karbala”, lukisan Abbas al-Musavi, https://www.brooklynmuseum.org/opencollection/objects/3054

Leave a Reply