Home Saturday Forum Informasi di Era Digital: Tinjauan Ontologis dan Epistemologis

Informasi di Era Digital: Tinjauan Ontologis dan Epistemologis

1934
0

Perbicangan tentang arah perkembangan teknologi informasi cukup ramai di Indonesia. Ada gairah yang begitu tinggi untuk senantiasa menyambutnya, sebagai suatu pendamping bagi segenap kerja-kerja industri; tetapi ada pula yang mulai pesimistis terhadap teknologi informasi karena pada praktiknya mulai menghentikan laju usaha yang lebih tradisional. Kasus penerapan IT pada pengelolaan ojek bisa menjadi salah satunya. Perbincangan kemudian meluas ke ranah regulasi oleh pemerintah, pengelolaan ekonomi, dan usaha mendorong tampilnya lebih banyak pelaku usaha –terutama dari kalangan muda- untuk terlibat dalam apa yang kini disebut industri 4.0.

Dari kajian dengan pendekatan lintas disiplin itu, persoalan hakikat teknologi informasi menjadi hal penting –bahkan justru yang terpenting- untuk dikenali terlebih dahulu, mengingat teknologi informasi adalah salah satu capaian kebudayaan manusia di zaman modern. Kesadaran tentang hakikatnya akan menjadikan manusia bisa tetap menjadi pengendali, alih-alih sekadar objek yang terus terkungkung olehnya, apalagi mengingat semakin banyak masyarakat yang tampak terkendalikan oleh informasi di era digital: dari mulai konsumerisme sampai isu politik, bahkan agama.

INSISTS Saturday Forum (INSAF) pekan ini mengundang Direktur PIMPIN, Dr. Wendi Zarman, untuk membahas hakikat informasi di era digital ini. Pembahasan akan mencakup status ontologis (ke-ada-an) dan epistemologis (kedudukannya dalam pengetahuan) dari (teknologi) informasi. Dr. Wendi adalah dosen di Universitas Komputer Indonesia, Bandung, yang menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di jurusan Fisika, ITB, dan S3 di jurusan Pendidikan Islam, Universitas Ibn Khaldun. Para peminat kajian Islam, khususnya relasi pemikiran Islam dan isu-isu teknologi, amat penting untuk menghadiri acara ini.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum, dengan pendaftaran melalui buku tamu di awal acara.

___

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):

Tema: “Informasi di Era Digital: Tinjauan Ontologis dan Epistemologis”

Pembicara: Dr. Wendi Zarman, M.Si. (Direktur PIMPIN; Dosen Universitas Komputer Indonesia, Bandung)

Sabtu, 6 April 2019 / 1 Sya’ban 1440
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

__

Sumber ilustrasi: Ilustrasi artikel “How technology will change the way we work”, World Economic Forum”

Leave a Reply