Home Diskusi Sabtu Dasar Negara Menurut Tokoh Pergerakan Islam: Kajian Terhadap Pemikiran Mr. Kasman Singodimedjo

Dasar Negara Menurut Tokoh Pergerakan Islam: Kajian Terhadap Pemikiran Mr. Kasman Singodimedjo

232
0

Di sepanjang tahun 2017, wacana seputar Pancasila mengemuka kembali ke tengah-tengah kita dalam beragam bentuk. Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, melarang organisasi masyarakat yang menurutnya “anti Pancasila”, dan membentuk Unit Kerja Presiden yang secara khusus melakukan “pembinaan ideologi Pancasila” yang disebut UKP-PIP lalu berubah nama menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa penekanan terhadap dasar negara tengah disemarakkan kembali.

Di tingkat masyarakat, wacana sejenis juga hadir, baik di obrolan sehari-hari maupun di layar gawai kita. Tunjuk-menunjuk diri tentang siapa yang paling Pancasilais disertai dengan tuduh-menuduh lawan bicara sebagai tidak Pancasilais. Pandangan keagamaan, termasuk Islam, ikut dicurigai sebagai potensi pencungkil dasar negara Pancasila. Padahal jika menengok kepada sejarah, kita akan menemukan tokoh-tokoh bangsa dari golongan Islam yang telah dengan sangat baik merumuskan gagasan kebangsaan dan sistem negara Republik Indonesia sesuai dengan pedoman Islam.

Salah satu di antara tokoh tersebut adalah Mr. Kasman Singodimedjo; pemuka Jong Islamieten Bond dan Muhammadiyah, ketua Komite Nasional Indonesia Pusat pertama. dan anggota Dewan Konstituante Masyumi. Dengan menggali pemikirannya kembali lalu menafsirkannya, kita akan mampu memberikan sebuah argumen yang baik dalam wacana kebangsaan sekarang.

Mudir Pesantren Ilmu dan Adab Depok, Dr. Muhammad Suidat, akan membahasnya bersama kita di INSISTS Saturday Forum pekan ini. Disertasi beliau mengkaji pemikiran tiga tokoh bangsa, salah satunya Mr. Kasman Singodimedjo, sebagai basis bagi pengembangan buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi Muhammadiyah.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
Hadirilah INSISTS Saturday Forum (ISF):

Tema: “Dasar Negara Menurut Tokoh Pergerakan Islam: Kajian Terhadap Pemikiran Mr. Kasman Singodimedjo”
Pembicara: Dr. Muhammad Suidat, M.Pd.I.

Sabtu, 17 Maret 2018
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Aula INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply