Home Publikasi Kajian Ramadhan dan Buka Bersama INSISTS 1440 H

Kajian Ramadhan dan Buka Bersama INSISTS 1440 H

355
0

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Sebagai syukur kepada Allah atas segala nikmat hingga Ramadhan ini, dan dalam rangka mempererat ukhuwah di antara sesama muslim yang selama ini saling mendukung dalam kegiatan keilmuan, Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) mengundang Anda untuk hadir pada Kajian Ramadhan dan Buka Bersama INSISTS 1440 H.

 

Waktu:

Ahad, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019, Pukul 15:30 WIB – Selesai

 

Tempat:

Aula Imam Al-Ghazali, INSISTS, Jl. Kalibata Utara II No. 84, Jakarta Selatan

 

Acara ini akan dimulai dengan tiga kajian singkat oleh Dr. Syamsuddin Arif, Dr. DInar Dewi Kania, dan Akmal Sjafril, M.Pd.I., tentang geliat dakwah di Indonesia, dan kaitannya dengan peran INSISTS sebagai lembaga dakwah berbasis riset. Secara berturut-turut akan dibahas dakwah para ulama di Nusantara dalam konteks luas, tentang gerakan-gerakan feminis, dan perkembangan strategi Islam Liberal.

Setelah itu, ceramah dari Peneliti Senior INSISTS, Dr. Nirwan Syafrin Manurung, dengan tema Tazkiyatun Nafs sebagai Pondasi Peradaban, akan menjadi acara inti. Pakar filsafat Arab kontemporer ini akan menggali ajaran para ulama, khususnya ulama sufi, tentang pembersihan jiwa dan dampaknya terhadap pembangunan peradaban yang benar menurut Islam. Segala persoalan kemanusiaan dan peradaban hari ini, dari mulai politik sampai ekonomi, dari mulai pendidikan sampai teknologi, berawal sekaligus berakhir pada persoalan jiwa individu. Ia menentukan apakah peradaban akan dibangun oleh cinta, kebijaksanaan, dan keikhlasan, atau justru dirusak oleh amarah, kedengkian, dan kepalsuan.

Setelah menyimak ceramah dari Dr. Nirwan, kita akan menikmati santapan berbuka puasa, lalu melanjutkannya dengan shalat Maghrib, Isya, dan Tarawih berjama’ah.

Kami mengundang Anda semua untuk hadir, sebab acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Leave a Reply