Home Headline Umat Islam di Persimpangan Pemilu: Betulkah Masalahnya Ganti Presiden?

Umat Islam di Persimpangan Pemilu: Betulkah Masalahnya Ganti Presiden?

300
0
Perolehan suara partai Islam dan partai berbasis massa Islam secara kuantitatif masih berada di bawah perolehan partai-partai nasionalis sekuler. Hal ini berbeda terbalik dengan semangat keberagamaan masyarakat Indonesia yang meningkat, di mana kegiatan keislaman di desa apalagi di kota semakin diminati. Sosok yang hadir dan diusung oleh partai-partai (berbasis massa) Islam untuk menjadi pemimpin, termasuk saat ini, juga bukan representasi langsung dari hasil pembinaan dan kaderisasi umat.
 
Seorang ulama memang tampil menjadi calon wakil presiden sedangkan pasangan calon lain didukung oleh sebuah ijtima’ ulama. Tetapi sosok utama, gagasan yang mengemuka di dalam proses politik, apalagi aktor-aktor yang berkepentingan di sekitarnya masih jauh dari aspirasi umat Islam. Persoalan umat jauh lebih besar dari sekedar memiilih petahana atau capres baru, karena ada banyak isu strategis lain yang mesti diperhatikan di tingkat legislatif dan masyarakat umum. Karena itu, tugas mengawal aspirasi umat diemban oleh semua orang, baik sebagai politisi, akademisi, da’i, guru, dan lain-lain.
 
INSISTS Saturday Forum (INSAF) pekan ini akan mengangkat tema politik dan keumatan, sebagai suatu usaha menyumbang gagasan di tahun 2019 ini. Direktur Eksekutif INSISTS, Dr. Henri Shalahuddin, akan membicarakan keadaan umat Islam di persimpangan pemilihan umum ini. Pengkaji dan peminat pemikiran Islam, politik Islam, dan isu-isu keumatan strategis, dapat hadir turut serta mendiskusikan pendapatnya.
 
Acara ini gratis dengan pendaftaran lewat mengisi buku tamu di awal acara.
 
***
 
as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
 
Hadirilah INSISTS Saturday Forum (INSAF):
 
Tema: “Umat Islam di Persimpangan Pemilu: Betulkah Masalahnya Ganti Presiden?”
 
Pembicara: Dr. Henri Shalahuddin, MIRKH (Direktur Eksekutif INSISTS)
 
Sabtu, 19 Januari 2019 / 13 Jumadil Awwal 1440
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB
 
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan
 
Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply