Home Seri Kuliah Tradisi Ilmiah dalam Islam

Tradisi Ilmiah dalam Islam

155
0

Aktivitas keilmuan pada awal Islam telah mendorong lahirnya tradisi keilmuan dan ilmuwannya. Dengan mengemban risalah kenabian, para ilmuwan di awal Islam telah mengembangkan sejumlah konsep dalam pelbagai macam disiplin ilmu, sekaligus komunitas-komunitas ilmiah di berbagai macam tempat. Aktivitas ini, pada akhirnya seperti dicopy-paste oleh tradisi intelektual Barat, sebagaimana yang banyak kita jumpai hari ini. Akan tetapi, tradisi keilmuan dalam Islam memiliki ciri khas tersendiri. Ia juga memiliki cakupan yang tidak mungkin didapati dalam tradisi intelektual manapun. Lantas bagaimana dan seperti apa tradisi keilmuan dalam Islam itu sejatinya?

INSISTS kali ini menghadirkan Seri Kuliah “Tradisi Ilmiah dalam Islam” yang di dalamnya akan coba diulas dan didiskusikan potret (classic) tradisi keilmuan serta keilmiahan dalam Islam, sekaligus program atau peluang bagi pembangunan pradaban Islam ke depan. Kuliah ini sangat urgen, mengingat kebutuhan pembangunan peradaban Islam yang bermutu telah begitu mendesak. Hal tersebut perlu dimulai dari penelusuran awal tradisi keilmuan masa lampau serta berusaha menjajaki program-program yang menunjang bagi pembangunan peradaban Islam.

Dr. Budi Handrianto dalam hal ini akan menguraikan, menjelaskan, serta mendiskusikan lebih lanjut potret kejayaan peradaban Ilmu dalam Islam, komunitasnya, faktor-faktor pendukungnya, serta program-pogram yang sangat perlu untuk dikembang-luaskan. Tema ini begitu dibutuhkan oleh kalangan akademisi, mahasiswa, aktivis dakwah, serta seluruh komponen yang menaruh perhatian pada pengembangan ilmu, dan peradaban Islam. Dr. Budi menyelesaikan doktoralnya di Universitas Ibn Khaldun- Bogor dan merupakan peneliti senior INSISTS.

Setiap Senin Malam Selasa Pukul 18:30 – 20:30 WIB
Setiap Sabtu Pagi Pukul 08:00 – 10:00 WIB
19 Agustus – 16 September 2019

Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Jl. Kalibata Utara II No. 84, Jakarta Selatan

Kontribusi: Rp750.000/peserta
(Tunai atau transfer ke BCA 5010 2577 29 a/n Raikaty S. Panyilie)

Untuk Mendaftar isi tautan berikut: http://bit.ly/TradisiIlmiah_Islam

Narahubung: 082260208484 (Syafa’at)

Leave a Reply