Home Publikasi Seminar Sehari: “Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menjadi Orang Tua yang Mampu Menyiapkan...

Seminar Sehari: “Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menjadi Orang Tua yang Mampu Menyiapkan Generasi Pejuang”

1580
0

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”
(Q.S. at-Tahrim [66]: 6)

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhu berpesan, “Didiklah keluarga kita menjadi manusia beradab dan berilmu.” Pesan ini bermakna bahwa orang tua wajib memberikan pendidikan yang benar bagi anak-anaknya. Orang tua adalah pendidik (guru) yang utama jika dibandingkan dengan sekolah, universitas, termasuk juga pesantren.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam juga memperingatkan bahwa setiap anak lahir dalam keadaan fitrah. Orang tualah yang menjadikan anak-anaknya Yahudi, Nasrani, atau Majuzi. Di era kini, orang tualah yang berperan utama menjadikan anaknya liberalis, sekuleris, feminis, atau materialis. Hal ini menunjukkan pendidikan orang tua, agar bisa mendidik anaknya dengan baik, sangatlah penting dan bahkan wajib. Ironisnya, kurikulum pendidikan nasional, mulai TK sampai tingkat doktoral, tidak menekankan bagaimana menjadi orang tua yang baik. Kurikulum dirancang utamanya agar pelajar/mahasiswa menjadi buruh/karyawan yang baik, bukan menjadi manusia yang baik.

Jadi, menguasai ilmu untuk mendidik anak dengan baik adalah wajib. Setiap anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang benar. Hak itu akan mereka tuntut pada orang tua mereka kelak di akhirat. Seminar ini akan memaparkan konsep pendidikan yang benar, disertai kiat-kiat agar kita mampu melaksanakan amanah sebagai orang tua, dengan menjadi guru keluarga bagi anak-anaknya sendiri. Kita yakin, berawal dari pendidikan keluarga yang benar, akan lahir generasi gemilang.

InsyaAllah, ke depan, akan muncul para pemimpin sejati dalam seluruh aspek kehidupan.

*

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah Seminar Sehari INSISTS:

Tema: “Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menjadi Orang Tua yang Mampu Menyiapkan Generasi Pejuang”

Pembicara: Dr. H. Adian Husaini.
(Peneliti INSISTS; Ketua Program Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun, Bogor; Pengasuh Pesantren At-Taqwa, Depok; Suami dari 1 istri dan ayah 7 anak)

Ahad, 16 Sya’ban 1440 / 21 April 2019 M
Pukul 09.00 – 15.30 WIB
(4 sesi dengan 2x coffee break dan 1x ishoma)

Aula Imam Al-Ghazali, INSISTS, Jl. Kalibata Utara II No. 84, Jakarta Selatan

Kontribusi: Rp250.000
(Tunai atau transfer ke BCA , no. rek. 5010257729 a.n. Raikaty S. Panyilie)

Pendaftaran: bit.ly/GuruKeluarga_INSISTS

Fasilitas: Coffee break, makan siang, makalah, sertifikat

Narahubung:
Telp: 021-7940381(kantor)
WhatsApp: 0812 9081 5528 (Alam)

Leave a Reply