Home Saturday Forum Sains dan Sejarah Perkembangannya

Sains dan Sejarah Perkembangannya

115
0

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini berkembang sangat pesat, dan memberi kemudahan bagi urusan-urusan manusia di bidang industri, transportasi, komunikasi, dan sebagainya.

Kita seringkali mengira semua itu adalah perkara yang bebas-nilai, sehingga dapat dipergunakan begitu saja asalkan kita memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Tetapi jika kita mengamati sejarah perkembangannya, IPTEK yang merupakan bagian kecil dari sains ternyata tak sesederhana itu.

Seorang ahli kimia asal Belgia, George Sarton (1884-1956), dengan sangat teliti mengamati sejarah perkembangan sains dari masa ke masa, dari satu peradaban ke peradaban lainnya. Dari sana, ia menemukan bahwa perkembangan sains amat kuat dipengaruhi sekaligus mempengaruhi kebudayaan manusia, terutama pandangan hidupnya.

Dengan kesadaran yang tinggi bahwa alam semesta ini adalah ayat-ayat Allah, ilmuwan muslim di masa lalu menghasilkan sains yang berbeda dari sains sekular di masa kini, yang menghasilkan industrialisasi besar-besaran sampai senjata perang mematikan. Mengenali makna sains dalam Islam, serta mempelajari perkembangannya sampai dalam wujud sains sekarang, akan mengantarkan kita pada kesadaran bahwa sains harus senantiasa berada dalam bimbingan kebijaksanaan.


Hadirilah INSISTS Saturday Forum
Tema: Sains dan Sejarah Perkembangannya
Oleh: Dr. Wido Supraha (Dosen Universitas Ibn Khaldun Bogor)
-TERBUKA UMUM-

Leave a Reply