Home Seri Kuliah Mahjar: Bukan Sekadar Hijrah

Mahjar: Bukan Sekadar Hijrah

227
0

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS)
mempersembahkan:

Seminar Muharram
Mahjar: Bukan Sekadar Hijrah

Sinopsis:
Dalam rangka bangun peradaban, Islam tidak bisa dipisahkan dari tradisi hijrah. Misalnya saja perpindahan “hijrah” Nabi dengan para sahabatnya dari Makkah ke Habasyah atau Madinah. Di masa ini, fenomena hijrah juga seperti sedang mendapat momentumnya. Tetapi masalahnya, di saat bersamaan budaya pop juga tumbuh subur lewat hype sosial media yang nyaris tidak bisa dicegah. Pada akhirnya, makna hijrah—disadari atau tidak—ikut terbawa ke arus pop yang sedikit banyak disruptif dan bergeser kepada penyederhanaan makna, tanpa terkecuali konsep.

Akibatnya, sebagian orang menyebut hijrah sebatas kepada perubahan reka busana. Di belahan bumi lain, hijrah semata-mata dipandang sebagai perubahan fanatisme; dari fanatik kepada biduan negara tertentu, berpindah kepada artis muda Islami, dengan kadar fandom dan fanatisme serupa. Sebagiannya lagi, hijrah diyakini sebatas perubahan status, lalu seolah-olah sudah cukup dan masalah selesai seketika. Dari latar belakang itu semua, dan untuk menyambut tahun baru Islam; 1 muharram 1441, INSISTS berupaya mempersembahkan seminar bertema “Mahjar: Bukan Sekadar Hijrah” sebagai upaya mengembalikan makna hijrah kepada makna aslinya.

Narasumber utama; al-Ustadz Asep Sobari, Lc. Founder Sirah Center Community Indonesia (SCI) akan mendiskusikan tema “Hijrah & Mahjar; Sunnatullah Kelahiran Peradaban”. Selain itu, seminar akan dilanjutkan dengan penjelasan dari Dr Henri Shalahuddin MIRKH, Direktur eksekutif INSISTS. Dr Henri akan membahas “Mahjar di Era Disruptif”.

***

Waktu:
Sabtu, 31 September 2019
29 Dzulhijjah 1440
Pukul: 09:00 – 12:00 WIB

Tempat:
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani, Jl. Kalibata Utara II No. 84, Jakarta Selatan

Kontribusi:
Rp. 150.000/peserta
(Tunai atau transfer ke BCA 5010 2577 29 a.n. Raikaty S. Panyilie)

Pendaftaran:
http://bit.ly/Hijrah_Mahjar

Narahubung:
WhatsApp: 0822 6020 8484 (Syafa’at)

Leave a Reply