Home Uncategorized Kiat Menjadi Guru Keluarga

Kiat Menjadi Guru Keluarga

210
0

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhu suatu ketika berpesan, “Didiklah keluarga kita menjadi manusia beradab dan berilmu.” Kalimat bernada perintah ini secara tersirat menunjukkan pada kita bahwa orang tua wajib memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Orang tua adalah pendidik (guru) yang utama, lebih dahulu dibandingkan dengan lingkungan, sekolah, universitas, termasuk juga pesantren.

Kurikulum pendidikan nasional, mulai TK sampai hingga tingkat doktoral, tidak menekankan menekankan secara jelas bagaimana warga negara mesti menjadi orang tua yang baik. Konteks industrialisasi yang menggejala hari ini bahkan membuat peserta pendidikan lebih banyak diarahkan untuk menjadi karyawan yang baik dalam ukuran profesionalisme. Padahal jika kita cermati, baik ucapan Sayyidina Ali di atas ataupun sumber-sumber otoritatif dalam Islam lain, banyak menunjukkan bahwa menguasai ilmu untuk mendidik anak dengan baik adalah wajib hukumnya. Setiap anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang benar.

Seminar ini akan membahas pokok-pokok pemikiran disertai kiat-kiat agar kita mampu melaksanakan amanah sebagai orang tua, dengan menjadi guru keluarga bagi anak-anak sendiri. Kita yakin, berawal dari pendidikan keluarga yang benar akan lahir generasi gemilang.

***

as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…

Hadirilah Seminar Sehari INSISTS:

Tema: “Kiat Menjadi Guru Keluarga”

Pembicara: Dr. Adian Husaini, M.A. (Pembina INSISTS; Ketua Program Studi Doktoral Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun, Bogor)

Ahad, 20 Muharram 1440 / 30 September 2018 M
Pkl. 09.00 – 17.30 WIB

Aula Imam Al-Ghazali, INSISTS, Jl. Kalibata Utara II No. 84, Jakarta Selatan

Kontribusi: Rp100.000

Pendaftaran: 0813 8182 8754 (Yuda)

Fasilitas: Coffee break, makan siang

Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply