Home Saturday Forum Imam at-Tirmidzi (w. 892) dan Kitab Syamail Muhammadiyah

Imam at-Tirmidzi (w. 892) dan Kitab Syamail Muhammadiyah

132
0
Kemuliaan sosok Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam tak pernah usai dipelajari oleh manusia, baik muslim karena keimanannya maupun non-muslim karena minat intelektualnya. Bagi seorang muslim, sosok Rasul adalah Manusia Sempurna (Insan Kamil), yang mencakup Kebenaran dan Realitas (Hakikat) dalam jangkauan aqal manusia, sehingga setiap pengakuan dan penyerahan diri pada Allah hanya bermakna jika dilandasi keimanan pada Rasul. Tanpa keimanan itu, manusia akan kehilangan petunjuk dan memandang Rasul hanya sebagai orang hebat di masa lalu, seperti pencatatan sejarah beberapa sarjana non-muslim yang tampak bersimpatik pada Islam.
 
Salah satu pencatat kesempurnaan diri Nabi, dengan sumber-sumber yang otentik, adalah Imam at-Tirmidzi. Dengan disiplin ilmu hadits yang ketat, sebagaimana pengakuan dunia atas keulamannya di bidang ini, beliau menulis kitab Syamail Muhammadiyah. Kitab tersebut membahas dengan begitu rinci sosok dan kepribadian Rasulullah, sampai perawakannya yang indah dan mempesona. Tradisi Islam yang mengharamkan penggambaran sosok Rasul membuat kita tetap menjaga adab dalam memuliakan beliau, dan terhindar dari pembendaan dan pemberhalaan sosok agung seperti terdapat pada ciri antropologis agama-agama budaya.
 
Kita dapat beriman, meyakini Kebenaran dan merasakan kedekatan dengan beliau, lalu mengungkapkan itu semua dalam ketaatan menjalani syariat dan mengembangkan pelbagai tradisi shalawat. Dalam INSISTS Saturday Forum (INSAF) pekan ini, kami mengundang Iman Matin, Lc., M.Pd., untuk membahas sosok salah satu ulama hadits besar di atas, Imam at-Tirmidzi, dan kitab Syamail Muhammadiyah yang ditulisnya. Setelah lulus dari Sheikh Ahmad Kuftaroo Institute, Suriah, Ustadz Matin melanjutkan pendidikan magister di jurusan Pendidikan Bahasa Arab, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
 
as-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh…
 
Hadirilah INSISTS Saturdray Forum (INSAF):
 
Tema: “Imam at-Tirmidzi (w. 892) dan Kitab Syamail Muhammadiyah
 
Pembicara: Iman Matin, Lc., M.Pd. (Dosen Agama Islam Universitas Bakrie; Instruktur Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah)
 
Sabtu, 11 Agustus 2018
Pkl. 10.00 – 12.00 WIB
 
Aula Imam al-Ghazali, INSISTS, Gedung Gema Insani Lt.1
Jl. Kalibata Utara 2 No.84 Jakarta Selatan
 
Informasi: Telp: 021-7940381 / WA: 0812 9081 5528

Leave a Reply