Home Publikasi Seri Kuliah Filsafat Alam ar-Rāzī

Seri Kuliah Filsafat Alam ar-Rāzī

1275
0

flyer-kfa

Seri Kuliah Filsafat Alam ar-Rāzī
Ilmu pengetahuan alam (fisika) modern saat ini berdiri di atas landasan filosofis yang tidak memandang alam semesta sebagai ayat-ayat penanda keberadaan dan kebesaran Allah ‘azza wa jalla. Alam semesta hanya dikaji sebagai benda. Paradigma positivistik yang dianutnya melihat realitas hanya yang tercerap indera, terukur oleh angka, dan terumuskan hukum-hukumnya. Pandangan ini seolah menafikan peran Allah sebagai Pencipta dan Pengatur.

Seri Kuliah Filsafat Alam Fakhruddin ar-Razi ini akan mengajak kita memahami alam sesuai cara pandang Islam terhadap wujud. Peserta dari berbagai latar keilmuan dan perminatan dapat mengikuti rangkaian kuliah yang akan memberi pencerahan dan penyegaran cara pandang kita terhadap hakikat alam dan konsep-konsep penting terkait materi, ruang, dan waktu.

Fakhruddin ar-Razi (lahir 544H /1149 M dan wafat 606 H/ 1210 M) adalah seorang ulama Ahlus Sunnah yang menguasai berbagai bidang ilmu, seperti fiqh, ushul fiqh, tafsir, kalam, filsafat, perbandingan agama, fisika dan kedokteran.

Leave a Reply