Home Berita Seminar Sehari Ekonomi Islam: Perekonomian dan Ekonomi Islam dalam Konteks Struktur Pemikiran...

Seminar Sehari Ekonomi Islam: Perekonomian dan Ekonomi Islam dalam Konteks Struktur Pemikiran Islam

108
0

Dewasa ini muncul kesadaran di tengah masyarakat muslim tentang perlunya menjalankan kehidupan ekonomi sesuai tuntunan Islam. Ada perhatian lebih besar untuk mengonsumsi produk halal dan bertransaksi dengan cara yang juga halal, terbebas dari riba dan syubhat, dan bersedekah lebih banyak untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan umat. Keberadaan bank syariah sejak akhir abad lalu turut membuktikan hal tersebut. Namun, itu semua adalah bagian kecil dari perekonomian Islam. Perekonomian (sebagai praktik) harus ditopang oleh ilmu ekonomi (sebagai landasan teoritis) yang sesuai dengan pandangan-hidup Islam. Pengetahuan tentang hal ini akan memberikan kepada kita pemahaman yang utuh, dan kemudian memberikan pedoman bagi praktik sehari-hari dan pengembangan ilmu ekonomi Islam di dunia akademik.

Dalam seminar ini, kita akan mendapatkan penjelasan tentang pentingnya mendasari segala hal dalam (praktik dan ilmu) ekonomi Islam dengan pemikiran Islam dalam makna luas, menyangkut fiqh, kalam, filsafat, dan tasawuf. Pemikiran Islam inilah yang selama beberapa abad menjadi kunci utama kemajuan peradaban Islam. Hari ini, untuk mencapai kemajuan di tahap yang sama dan menjawab persoalan kontemporer, umat Islam perlu dengan rendah hati mengikuti capaian pemikiran tersebut.

Assoc. Prof. Dr. Ugi Suharto, M.Ec. adalah pendiri INSISTS dan VP University College of Bahrain; memperoleh gelar Ph.D. di bidang Pemikiran Islam dari International Institute of Islamic Thought and Civilizations (ISTAC), dengan disertasi tentang wacana keuangan publik Islam dalam kitab karya Abu Ubaidh; sebelumnya menyelesaikan bachelor dan master di bidang Ilmu Ekonomi, keduanya dari International Islamic University of Malaysia (IIUM); minat kajiannya adalah pemikiran ekonomi Islam, ekonomi dan keuangan Islam, neoliberalisme, ilmu kalam, ilmu hadits, dan the worldview of Islam. Jurnal-jurnalnya tersebar di Indonesia, Malaysia, Bahrain, Turki, dan Inggris.

—————————–
Seminar Sehari Ekonomi Islam:
Perekonomian dan Ilmu Ekonomi Islam dalam Konteks Struktur Pemikiran Islam

Pembicara: Assoc. Prof. Dr. Ugi Suharto, M.Ec.
(Former VP, University College of Bahrain & Pendiri INSISTS)

Hari : Ahad, 25 Feb 2018
Sesi I : 09.00 – 12.00 WIB
Sesi II: 13.00 – 15.30 WIB
Tempat: Aula INSISTS
Jl. Kalibata Utara 2 No 84 Jakarta

Infaq peserta: Rp 200.000,- (hanya untuk pembayaran di tempat)
Fasilitas:
– materi seminar
– sertifikat
– coffee break
– makan siang

Narahubung:
WA: 081290815528

Untuk pendaftaran, silahkan buka tautan berikut:
http://bit.ly/SeminarEkonomiIslamINSISTS

Leave a Reply