Home Berita Seri Kuliah Ilmu Hadits

Seri Kuliah Ilmu Hadits

1093
0

flyer

Dari kalangan masyarakat Muslim, banyak yang berpendapat bahwa hadits Nabi Muhammad saw. dan ilmu hadits termasuk pengetahuan yang sangat sulit. Pernyataan ini cukup beralasan, setidaknya bagi mereka yang belum memahami sejarah penulisan dan penghimpunan hadits Nabi saw., berbagai istilah dan kaidah hadits serta metode penelitian kualitas hadits dengan baik. Di samping itu memang hadits Nabi saw. tidak dimuat dalam hanya satu kitab saja, melainkan cukup banyak ragamnya, nama penghimpunnya, cara penghimpunannya, klasifikasinya, masalah yang dikemukakan maupun bobot kualitasnya.

Masyarakat yang mengalami kekurangan dan atau ketiadaan pengetahuan hadits dan ilmu hadits yang utuh, mudah dipengaruhi kepada suatu doktrin yang keliru. Penyempitan hukum muamalah kepada sunnah vs bid’ah menggeser kedudukan hukum taklifi (halal, haram, sunnah, makruh, mubah) yang dihasilkan melalui konsensus (ijma’) para ulama. Distorsi kata sunnah dan penyempitan makna dan maksudnya. Disusul dengan pemahaman zahir teks hadits tanpa mempertimbangan sudut konteks dan asbab wurud suatu hadits. Di samping itu, fanatik terhadap pendapat beberapa ulama salaf tertentu dan merendahkan bahkan menafikan pendapat ulama salaf yang lain. Hadirnya kelompok-kelompok yang berusaha mengingkari keotentikan hadits juga turut menggiring kesesatan berfikir dan beramal masyarakat Muslim dan menghilangkan adab dari hati mereka.

Kuliah ini dihadirkan untuk mengisi pengetahuan tentang hal-hal yang tersebut di atas. Fokus bahasan diawali dengan pengetahuan dasar tentang hadits, ilmu hadits, fungsi hadits sebagai penjelas, penafsir, perinci, mengikat (mu’akkad, mufassir, mukhassis, muqayyid), bagaimana hadits dipelihara dan dilestarikan melalui penulisan, penghimpunan, pengklasifikasian, dll. (kitabah, tadwin, tasnif). Dibahas pula tentang uslub hadits (atta`anni, al-ijaz, al-tikrar, al-fasahah) dan kedudukan hadits dalam hukum (tasyri’) Islam. Untuk seterusnya, diharapkan kuliah ini diadakan secara berseri dengan mengangkat topik tematis atau isu-isu terkini dalam perspektif hadits.
_______________________________
Informasi dan Pendaftaran: 0812-9081-5528 / 0813-8235-7453 (WA)

Leave a Reply