Home Berita al-Qur’ān Menjawab: Konsep-Konsep Kunci dalam Islam

al-Qur’ān Menjawab: Konsep-Konsep Kunci dalam Islam

1355
0
As-salāmu ‘alaykum wa rahmatullāhi wa barakātuh.
Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) mempersembahkan:
Al-Qur’ān Menjawab:
Konsep-Konsep Kunci dalam Islam
Prolog:
Marmaduke Pickthall dalam The Meaning of Glorious Qur’an, menulis bahwa “al-Qur’an mempunyai simfoni yang tidak ada taranya di mana setiap nada-nadanya bisa menggerakkan manusia untuk menangis dan bersuka-cita”. Apa yang ditulis oleh Pickthall barulah salah satu dari sekian banyak mu’jizat al-Qur’an. Dan mu’jizat lain yang juga diakui adalah kedalaman makna juga kekayaan konseptual yang dimilikinya.
Sebagai contoh, terma Allah di zaman Arab jahiliyah dikonsepsi terlalu transenden; maka jauh untuk digapai. Allah dianggap tidak terkait dengan kehidupan sehari-hari. maka tidak ada konsepsi tentang hari akhir, alam akhirat dsb; scope ilmu akhirnya terbatas hanya kepada dunia semata.
al-Qur’an kemudian memperkaya konsep tersebut menjadi dunia dan akhirat sekaligus; maka Allah dipahami sebagai dzat yang transenden dan imanen dalam satu waktu. Begitupula konsep manusia, yang awalnya dipahami sebagai hanya manusia, konsepsinya diperkaya oleh al-Qur’an menjadi “khalifatullah” sebagai “special creation”. Dari itu al-Qur’an mentransformasikan sebuah konsep pada titik terluasnya.
Menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi hadir, INSISTS mempersembahkan tadarus bertajuk “al-Qur’ān Menjawab”, di mana beberapa seminal konsep besar di dalam al-Qur’ān akan dikaji dan dibicarakan secara akademis dan ilmiah; dalam rangka menjawab tantangan zaman. Usaha ini tidak lain untuk memperdalam, juga mempertajam pemahaman kita terhadap al-Qur’ān.
Waktu:
Mulai Ahad 3 April 2021
Setiap Sabtu dan Ahad.
Pukul 09.00-11.00 WIB
Fasilitas: E-Slide (optional), E-Sertifikat
Online via Webinar Zoom
Kontribusi:
• Full 8 Sesi
(a) Rp. 400.003/peserta
(b) Rp. 350.003/peserta kolektif [min 5]
• Tidak Full
(a) Rp. 200.003/1-4 Sesi
(b) Rp. 350.003/5-7 Sesi
Transfer ke rek: BSM 7134707016
a/n Raykaty S. Panyilie.
Link pendaftaran: http://bit.ly/RMDH_22
Narahubung: 0822 6020 8484

Leave a Reply